LAPORAN KEUANGAN USAHA

MATERI LAPORAN KEUANGAN USAHA
Setiap bisnis tentu memiliki laporan keuangan perusahaan yang dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban sekaligus tolok ukur apakah perusahaan yang bersangkutan termasuk perusahaan yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama atau tidak.

Dalam pembuatan laporan keuangan, ada beberapa beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait isi dan penggunaannya. Di bawah ini akan kita bahas beberapa hal penting dalam laporan keuangan perusahaan.

Sifat Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan harus ditampilkan secara kualitatif dan kuantitatif dengan memiliki karakteristik seperti:

a. Relevan

Sebuah laporan keuangan dianggap relevan dan sesuai ketika laporan yang disajikan mampu membuat pengambil keputusan dalam sebuah perusahaan menentukan kebijakan baru yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan memperbaiki aspek lainnya.



b. Handal

Sebuah laporan keuangan dinyatakan handal ketika pembuat laporan keuangan memberikan informasi yang handal dan tepat sasaran. Terdapat 3 kriteria handal disini yaitu : jujur, dapat diverifkasi dan netral atau tidak berpihak pada kepentingan manapun.



c. Mudah Dimengerti

Sebuah laporan keuangan perlu disusun dengan baik sehingga segala bentuk transaksi yang tercatat didalamnya bisa lebih dimengerti oleh setiap pemimpin divisi yang ada di perusahaan bersangkutan. Ketika laporan bisa terbaca dengan jelas, strategi yang digunakan untuk perencanaan penjualan ke depan juga makin jelas.



d. Unsur Perbandingan

Sebuah laporan keuangan perlu memiliki informasi yang lengkap dan tepercaya sehingga laporan yang diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan apa saja yang harus diperbaiki untuk pelaporan keuangan ke depan termasuk strategi untuk pemasaran produk.



Isi Laporan Keuangan

Dalam menyusun sebuah laporan keuangan, isi yang dimasukkan kedalamnya tentu membutuhkan penelitian dan penyusunan yang tepat. Berikut adalah isi dari laporan keuangan.

a. Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan perusahaan yang dibuat harus berisi laporan laba rugi yang diperoleh dari jual beli produk atau jasa yang dilakukan perusahaan bersangkutan. Laporan laba rugi nantinya diperlukan untuk menghitung berapa efisiensi kinerja yang sudah tercapai dan menerapkan strategi bagaimana laba perusahaan bisa ditingkatkan di periode yang berikutnya.



b. Laporan Cash In dan Cash Out

Laporan keuangan juga berisi laporan kas masuk dan kas keluar. Laporan ini umumnya berisi transaksi keuangan yang dilakukan sebuah perusahaan selama periode tertentu. Untuk laporan kas masuk biasanya berisi pendapatan kotor yang diperoleh dari penjualan jasa dan produk. Sedangkan untuk arus kas keluar bisa berisi laporan pembayaran pengeluaran tetap atau variable per bulan seperti biaya listrik, perawatan inventaris di perusahaan, biaya telepon, dan lainnya.



c. Laporan Arus Kas atau Cash Flow

Laporan cash flow adalah kombinasi yang memasukkan cash in dan cash out secara berkesinambungan dan digunakan untuk mengetahui apakah laporan keuangan antara cash in dan cash out sudah benar-benar sesuai atau tidak. Laporan cash out juga bias digunakan untuk mengetahui secara tidak langsung, dana yang tersisa masih dalam kondisi aman atau tidak.



d. Laporan Perubahan Ekuitas

Setiap perusahaan wajib menyertakan laporan perubahan ekuitas, di mana laporan ini berisi laporan perubahan aktiva ataupun modal yang diberikan di awal hingga di akhir periode laporan.



e. Laporan Neraca Total atau Buku Besar

Segala jenis transaksi keuangan yang berlangsung dalam sebuah perusahaan kemudian dirangkum ke dalam sebuah neraca yang menyajikan segala jenis transaksi beserta buktinya.



Tujuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang terkait dalam usaha, baik itu pihak internal maupun eksternal. Sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan laporan keuangan yang disajikan secara lengkap sebagai laporan pertanggungjawaban dari semua divisi atas pengelolaan perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan bukan hanya suatu bentuk pertanggungjawaban. Laporan ini juga memiliki berbagai macam fungsi seperti membantu pihak manajemen mengetahui resiko keuangan, membantu seluruh pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan, menilai persentase laba yang bisa dicapai, hingga membuat perencanaan bisnis.

CONTOH SOAL:
1. dibawah ini adalah krakteristik laporan keuangan perusahaan,kecuali..
A.cash flow
B.relevan
C.handal
D.mudah dimengerti
E.unsur perbandingan

2 .dibawah ini yang merupakan isi dari laporan keuangan perusahaan adalah...
A.jurnal umum
B.laporan perubahan ekuitas
C.laporan keuangan
D.jurnal khusus
E.laba

3 .laporan yang digunakan untuk mengetahui apakah laporan keuangan antara cash in dan cash out sudah benar-benar sesuai atau tidak...
A.laba rugi
B.neraca
C.laporan arus kas atau cash flow
D.laporan cash in dan cash out
E.perubahan ekuitas

Komentar

  1. As stated by Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh an average of 42 pounds less than we do.

    (Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING to "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    CLICK on this link to discover if this quick quiz can help you discover your real weight loss possibilities

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paparan Deskriptif, Naratif, Argumentasi dan Persuasif tentang Produk Jasa

SOAL PILIHAN GANDA

MENILAI PERKEMBANGAN USAHA